mazayaalma.blogspot.com

Selasa, 02 Agustus 2011

Keunikan yang Sering Terjadi Selama Bulan Puasa

Seluruh umat Islam menyambut datangnya bulan suci Ramadhan dengan segala suka cita, karena bulan yang sangat dinanti-nantikan dengan penuh ampunan dan penuh rahmat, namun tidak sedikit yang mengalami banyak keunikan yang terjadi selama bulan suci ramadhan ini, ada sebagian yang menyadarinya namun tidak sedikit yang mengabaikannya,
Apa saja keunikan-keunikan yang sering terjadi selama bulan Ramadhan ini, antara lain adalah ;
1. Efek eforia yang berlebihan dalam menyediakan menu berbuka puasa, seperti terlihat pada tayangan berita sebagian besar di televisi yang menayangkan begitu antusiasnya masyarakat memburu jajanan (biasa dikenal dengan takjil) yang di beli secara berlebihan, hanya untuk memenuhi keinginan dan hasrat yang menggebu saat buka puasa nantinya, padahal Rosululloh sendiri sudah memberikan contoh dan tauladannya bahwa berbuka puasa cukup dengan tiga butir kurma.
2. Pengeluaran rumah tangga yang lebih besar dari bulan-bulan lain di luar bulan Ramadhan. Semua ini disebabkan seperti contoh diatas bahwa efek eforia berlebih dalam menyediakan menu buka puasa yang sudah jelas menambah anggaran pengeluaran yang tidak dijumpai selama bulan-bulan lainnya, belum lagi kebutuhan lainnya yang juga meningkat, seperti kebutuhan gula pasir, minyak goreng, terigu dan lain-lain, hingga kebutuhan sandang berupa pakaian baru saat menjelang idul fitri nanti, yang jelas ini menambah naiknya anggaran belanja rumah tangga secara signifikan.
3. Bertambahnya berat badan, terutama bagi kaum wanita, tanpa disadari seharusnya dengan berpuasa berat badan semestinya berkurang karena asupan makanan dibatasi selama berpuasa, namun kejadian yang ada malah sebaliknya, berat badan bertambah secara bermakna, ini semua disebabkan budaya balas dendam sewaktu berbuka puasa, dengan memakan makanan secara berlebihan.
4. Kekuatiran yang berlebihan bagi penderita gangguan maag (gastritis kronis) yang sangat kuatir bahwa penyakitnya akan semakin parah bila melaksanakan puasa, padalah kejadian yang ada malah sebaliknya, dengan berpuasa yang benar sesuai aturan akan memberikan efek kesembuhan bagi penderita maag kronis.
5. Salah satu hikmah puasa adalah melatih kita menahan hawa nafsu, apapun bentuk nafsu itu, termasuk nafsu makan, nafsu membelanjakan uang, nafsu ingin memiliki sesuatu yang serba baru dan lain-lain, tapi pada kenyataanya semua itu terlanggarkan dengan sadar atau tanpa disadari oleh pelaku puasa selama ramadhan ini.
6. Ada hal lain yang paling unik selama ramadhan ini yaitu bermain petasan (mercon) dan kembang api, sesungguhnya ini semua hanya membakar uang yang kita miliki, ironisnya dengan keadaan keuangan rumah tangga yang penuh keterbatasan, untuk membeli beras yang harganya terus merangkak naik rasanya cukup memberatkan, malah anak-anak dan remaja sengaja membakar uang mereka untuk bermain petasan dan kembang api ini, apakah tidak sebaiknya uang yang dibakar dengan sia-sia itu untuk membeli beras saja.
7. Banyak pertanyaan seputar puasa, salah satunya apakah kalau disuntik itu akan membatalkan puasa?, banyak pendapat yang bisa menjawab pertanyaan ini, bagi yang menganut membatalkan puasa, alasannya dengan sengaja memasukkan cairan kedalam tubuh, dan bagi yang menganut tidak membatalkan, alasannya karena itu bertujuan untuk kesembuhan dan tidak menghilangkan rasa haus atau tidak mengenyangkan.
8. Banyak yang berpendapat bulan suci ramadhan ini adalah bulan istimewa untuk membersihkan semuanya, termasuk membersihkan hati dari segala kotoran hati seperti kebiasaan berbohong, iri/dengki, buruk sangka/prasangka buruk, dendam, kebencian, amarah dan lain-lainnya, alangkah baiknya bila kebiasaan membersihkan hati ini jangan hanya dilakukan selama bulan ramadhan saja, karena bila kita sadari, kita mandi yang tujuannya untuk membersihkan badan, kita lakukan setiap hari 2x tanpa menunggu datangnya bulan suci ramadhan, padahal kebersihan hati akan menuntun kita menuju surga, dan kebersihan badan membawa kita menjadi sehat, tapi kadang kita lebih mengutamakan kebersihan badan dari pada kebersihan hati, kotoran hati yang paling sering dilakukan adalah menggosipkan orang, berbohong, berprasangka buruk, mencaci-maki dan menfitnah serta lain sebagainya.
                                 
                                                                                                                                      cr:inpogue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar